| Menu

Unknown Unknown Author
Title: Buka Saku Tanya Jawab Seputar UN 2017
Author: Unknown
Rating 5 of 5 Des:
Ujian Nasional (UN) sudah tinggal beberapa minggu lagi. Guna memberikan gambaran mengenai pertanyaan seputar UN 2017 maka kami berikan inf...
Ujian Nasional (UN) sudah tinggal beberapa minggu lagi. Guna memberikan gambaran mengenai pertanyaan seputar UN 2017 maka kami berikan informasinya melalui Buku Saku UN 2017 Tanya Jawab Seputar UN 2017 dan file buku saku UN 2017 dapat di download pada bagian akhir tulisan ini.

Ujian Nasional (UN) diselenggarakan untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan peserta didik pada jenjang satuan pendidikan dasar dan pendidikan menengah sebagai hasil dari proses pembelajaran sesuai dengan Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Selain itu, salah satu kegunaan hasil UN adalah untuk melakukan pemetaan tingkat pencapaian hasil belajar siswa pada satuan pendidikan. Salah satu upaya untuk mewujudkan pendidikan berkualitas diperlukan adanya sistem penilaian yang dapat dipercaya (credible), dapat diterima (acceptable), dan dapat dipertanggunggugatkan (accountable).

Pelaksanaan UN Tahun 2017 mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan. Dalam implementasinya, pelaksanaan UN mengacu kepada Peraturan Badan Standar Nasional Penyelenggaraan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2016/2017.

Beberapa perubahan penyelenggaraan UN Tahun Pelajaran 2016/2017 dibandingkan Tahun Pelajaran 2015/2016, sebagai berikut:
  1. Perluasan jangkauan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hingga ke Pendidikan KEsetaraan.
  2. Peserta UN SMA sederajat dapat memilih mata pelajaran pada mata ujian pilihan sesuai dengan jurusannya.
  3. Perubahan peran Perguruan Tinggi dan LPMP.
  4. Pemindaian LJUN yang dilakukan oleh Panitia UN Tingkat Provinsi untuk semua jenjang dan jenis pendidikan.
Buku Saku "Tanya Jawab UN" ini disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BNSP) dan Bada Penelitian dan Pengembangan, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Balitbang Kemdikbud) dengan tujuan untuk memberikan informasi yang jelas dan ringkas tentang pelaksanaan UN Tahun Pelajaran 2016/2017. Dengan adanya buku saku ini, diharapkan dapat membantu upaya sosialisasi kebijakan UN untuk mencapai sasaran dengan baikd dan dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan UN sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan.

Adapun isi dari Buku Saku UN 2017 tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Tanya Jawab seputar UN 2017
  2. Tujuan dan Manfaat UN
  3. Kriteria Kelulusan Peserta Didik
  4. Pelaksanaan UN 2017
  5. Akreditasi
  6. Bahan Ujian Nasional
  7. Naskah Soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN)
  8. Penempatan Peserta Didik dalam Ruang Ujian
  9. Waktu Pelaksanaan UN
  10. UN Susulan
  11. Pengawas UN
  12. Peranan Perguruan Tinggi
  13. Perbandingan UN 2016 dan 2017
  14. Pelanggaran dan Sanksi
  15. Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP)
  16. Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)
  17. Ujian Nasional untuk Pendidikan Kesetaraan
  18. Pusat Informasi Ujian Nasional
Untuk lebih lengkapnya mengenai isi dari Buku Saku UN 2017 Tanya Jawab Seputar UN 2017 dapat di download pada tautan di ini: Buka Saku Tanya Jawab Seputar UN 2017

Posting Komentar

 
Top